[Madu Gunung] Mendaki gunung adalah salah satu cara bersyukur kepada yang kuasa

          Sebelum mendaki gunung menjadi trend seperti untuk saat ini, dulu banyak yang bertanya ngapain sih daki terus, kaya ga ada kerjaan aja, ngabis-ngabisin duit lagi. Cemooh seperti itu yang sering didengar saat aku mulai bercerita tentang gunung atau ketika aku merencanakan planning untuk mendaki gunung. Tapi mendaki gunung adalah salah satu caraku untuk bersyukur kepada yang kuasa. Dan berikut salah satu hikmah yang selama ini aku dapatkan dari mendaki gunung.

1.  Mendidik diri kita untuk selalu hidup mandiri

http://duatujuhh.blogspot.com

Melihat fenomena ketika mendaki gunung tahukan anda, sebenarnya banyak sekali halangan-halangan bahkan bisa memakan nyawa, disitu kita mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Ketika berada di alam bebas kita tidak boleh sembarangan melakukan hal-hal yang ilegal atau tidak diperbolehkan dalam peraturan. Kita juga harus mending diri untuk selalu tidak mementingkan orang lain, sebenarnya pertolongan pertama adalah diri sendiri. Bagaimana kita bisa mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan itu salah satu pertolongan pertama dari diri sendiri.

2.  Mendidik sikap kerja sama
http://duatujuhh.blogspot.com


Ketika mendaki gunung dan kita mempunyai kelompok dalam perjalanan itu. Pastinya kita juga mempunyai tanggung jawab untuk saling menjaga satu sama lain. Tapi juga setiap anggota dipastikan mempunyai persiapan seperti yang dijelaskan di No.1. Dalam setiap kelompok juga harus mempunyai jiwa korsa, jiwa penolong. Kita tak harus sombong, lihatlah ketika sudah sampai puncak bertapa kecilnya kita, nah apa yang harus disombongkan?

3.  Mendidik mental yang kuat dan pantang menyerah

http://duatujuhh.blogspot.com

Ketika mendaki gunung kita sebenarnya benar-benar mendidik diri untuk kuat dan pantang meyerah. Bagaimana tidak kita harus diminimkan tempat tinggal hanya menggunakan tenda, dan makanpun hanya seadanya. Tapi disitu kita mendapatkan banyak pelajaran kita dapat merasakan betapa susahnya orang-orang yang hidup di jalanan tak punya rumah, dan untuk makan pun sangat susah.

4.  Mendidik rasa tanggung jawab untuk dirinya sendiri

http://duatujuhh.blogspot.com

Dalam sebuah pendakian gunung kita sebenarnya sangat akab dengan diri kita sendiri, bagaimana tidak kita harus sangat-sangat memperhatikan diri kita dari segi fisik maupun jasmani. Dari sana tentunya kita banyak mengingat rasa tanggung jawab terhadap diri kita sendiri, waktu maupun alam.

5.  Mengerti arti dari sebuah kata PULANG

http://duatujuhh.blogspot.com


Seindah-indahnya, senyaman-nyamannya di gunung pastinya kita akan rindu akan berada di suasana rumah apalagi untuk seorang yang baru pertama mendaki gunung, pasti akan sangat rindu dengan suasana rumah, dan akan rindu dengan orang tua yang ada di rumah yang kita tinggalkan. 


BACA JUGA: 

Hal-hal yang menjadi rindu saat mendaki gunung
Bukan hanya pemandangan yang indah saja, melainkan berapa bersyukurnya kita kepada yang kuasa
Apa si yang di dapat dari travelling
Previous
Next Post »
Thanks for your comment